Tuesday, September 07, 2010

Ada Apa Dengan PNS


Bulan-bulan ini adalah musim penerimaan PNS, baik di pusat atau di daerah. Meski banyak dihujat namun peminat PNS tidaklah surut. Melihat hal ini saya jadi berpikir, menjadi PNS adalah orang yang terpilih, bagaimana tidak untuk 1 posisi saja orang harus berebut dengan sekian orang. Itu idealnya, namun terkadang proses berkata lain bukan?

Menjadi teringat cerita seorang teman yang sudah menghabiskan uang sekian juta demi menjadi PNS. Beberapa berhasil dan beberapa tidak. Membaca status seseorang hari ini (biasa FB), seseorang berkomentar kalau dirinya tidak mau mengeluarkan uang sepeser pun untuk menjadi kacung negara. Membaca hal itu saya jadi bertanya sendiri, apakah sedemikian hinanya menjadi PNS? Mungkin PNS memiliki citra negatif di mata sebagian orang. PNS dihujat sekaligus dipuja, mungkin demikian realitas di masyarakat.

Konsekuensi dari bernegara adalah adanya birokrat yang menjadi pelayan negara. Pun demikian terkadang beberapa oknum dari birokrat menyalahgunakan wewenang dan kekuasaannya dan hal inilah yang kemudian membuat citra negatif bagi PNS. Bagaimana tidak karena PNS adalah pelayan masyarakat, maka hal-hal seperti ini dengan mudah menjadi buah bibir. Apalagi uang yang dipakai adalah uang rakyat, sehingga menjadi sangat sensitif.




1 komentar:

eddie on 9:58 AM said...

hanya bertanya, bagaimanakah rasanya menjadi orang terpilih ?

 

bunga rumput Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino