Thursday, November 19, 2009

World Toilet Day

2

19 November merupakan hari toilet sedunia. Mungkin tidak banyak yang tahu, sebagaimana saya yang tahu satu hari menjelang tanggal 19 November. Sebuah organisasi bernama World Toilet Organization memproklamirkan tanggal tersebut sebagai hari toilet sedunia.

Peringatan ini bukan tanpa alasan, bagaimana tidak karena toilet, masalah sanitasi masih menjadi persoalan yang kompleks saat ini.Lebih dari 2,5 milyar orang di seluruh dunia tidak mempunyai akses akan toilet yang layak. Setiap tahun, kurangnya fasilitas toilet telah menyebabkan 200 juta ton kotoran manusia tidak terbuang pada tempat yang sesuai. Ini menyebabkan lingkungan tercemar dan jutaan orang terancam penyakit.

Di Indonesia toilet masih menjadi persoalan. Di beberapa tempat di negeri ini, terutama di daerah-daerah terpencil penduduknya tinggal tanpa fasilitas MCK. Di ibukota sekalipun, masih ada warga yang tidak mempunyai fasilitas MCK di tempat tinggalnya.

Persoalan toilet atau MCK menjadi penting karena ini terkait dengan persoalan kesehatan. Oleh karenanya, yang menjadi persoalan bukan hanya kelangkaan toilet/ MCK tetapi juga adanya toilet/ fasilitas MCK yang bersih dan sehat.




2 komentar:

Isnaini said...

salam kenal,,
baru tau kalo ada world toilet day,,
tapi emang bener,,
masi byk org yg ga punya toilet dan hrs buang kotoran d sungai,,
padahal sungai tu sumber kehidupan manusia jg...

Lia SIRAIT said...

Ini kan 1 hari sebelum ulang tahun gue.. hehehehe.. Terus beberapa hari kemudian kita membahas semua HARI2 di dunia sama si Harry hahaha...
Pokoke, gue juga sangat kecewa dengan toilet2 yang gak nyaman apalagi ada tuh Mall (katanya Mall tapi ke toilet bayar) di Jakarta, eh udah bayar, dikasih tisyu selembar trus bau2 ga sedap pula.
Toilet (umum) yang gak bersih bikin gue suka menahan hasrat ingin "itutuh" hihihi...
Dulu zaman gue sekolah, kayanya cukup gencar pola MCK disosialisasikan pada masyarakat. Tapi, hmm.. sekarang bahkan "toliet" paling tidak layak bisa kita ditemui di Ibukota.