Friday, April 11, 2008

sebuah kisah tentang pencarian diri



Judul Buku : Ahaaa! : The Wonder Spot
Pengarang : Melissa Bank
Penerbit : Gagas Media
Tahun Terbit : 2007
Jumlah Halaman : viii + 478 halaman

Buku ini menceritakan tentang Sophie – seorang gadis Yahudi—dalam perjalanan hidupnya. Tentu saja dalam perspektif seorang gadis dalam masa perkembangannya. Tentang bagaimana Shopie kecil yang tidak ingin merayakan bat mitzvah-nya (perayaan ketika seorang anak perempuan telah beranjak remaja), ini tentu saja bertentangan dengan keluarganya yang menjadi pengikut Yahudi yang taat. Keinginan Sophie itu, langsung mendapat kecaman dari keluarganya.

Kisah terus berlanjut, tentang Sophie yang sulit mencari kerja selepas kuliah. Sebuah fenomena yang banyak terjadi dalam dunia nyata… sophie kemudian bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan mengetiknya dan akhirnya berhasil menjadi asisten editor di sebuah penerbitan.

Sophie dihadapkan pada pencarian dirinya, tentang siapa dia, orang-orang di sekelilingnya, orang-orang yang dicintainya, serta pekerjaan apa yang benar-benar disukainya. Pertanyaan tentang siapa saya? Mungkin jenis pertanyaan yang paling sering kita lontarkan… hidup seringkali menyisakan pertanyaan, tentang apa yang kita sukai, cintai, dan banyak hal lain.

Dunia memang tidak selamanya berjalan seperti apa yang kita inginkan. Itu pula yang terjadi pada Sophie, dan mungkin Sophie Sophie yang lain. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita memaknai segala hal yang terjadi, sebab itu adalah kekayaan dalam hidup yang akan mendewasakan.

Membaca buku ini sama dengan mengikuti perjalan hidup Sophie, perkembangan pola pikirnya… Hingga akhirnya dia menemukan ‘the wonder spot’ dalam hidupnya. Ini tentu saja mengajak pembaca untuk menemukan pula ‘the wonder spot’ dalam hidupnya. Jika kita, berpikir sejenak, merenung dan berpikir positif, maka Ahaaa!! Anda pasti akan menemukan hal yang anda cari.

Pun demikian, menurut saya, dalam buku tersebut tidak semua hal diceritakan, sehingga membuat ada keping yang hilang. Dari satu periode ke periode yang lain seakan meloncat. Namun, buku ini cukup menarik untuk dibaca.

0 komentar:

 

bunga rumput Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino