Tuesday, November 20, 2007

tentang perempuan


Kemarin, saya mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan beberapa perempuan dari beberapa daerah, yah masih di jawa barat ajalah...

Keadaan perempuan, masih saja terpinggirkan (apalagi ketika melihat budaya patriarki yang masih mengakar di negeri ini). Salah seorang teman menceritakan tentang pernikahan usia muda yang dia alami. Anak memang dianggap hak milik orang tua, sehingga apa yang terjadi dalam hidupnya ditentukan oleh orang tua, demikian pula dengan pernikahan. Jawa Barat memang terkenal sebagai daerah dengan tingkatr pernikahan usia muda yang cukup tinggi. Hal ini juga membuat tingkat perceraian cukup tinggi pula.

Nggak hanya itu saja, perempuan memiliki akses pendidikan yang lebih rendah bagi laki-laki. Perempuan yang berpendidikan tinggi memang banyak, namun perempuan yang berpendidikan rendah juga tak kalah banyak. Anggapan di masyarakat bahwa perempuan tidak usah berpendidikan tinggi masih ada, karena ujung-ujungnya perempuan bekerja di rumah tangga.

Terbatasnya pilihan pekerjaan dan dorngan ekonoi, membuat banyak perempuan kemudian bekerja di luar negeri. Hal ini tentu saja membuat mereka rentan untuk diperdagangkan. Pilihan bekerja di luar negeri tidak jarang menghadapkan perempuan dalam situasi sulit, seperti penyiksaan dari majikan (fisik, seksual dan ekonomi).

Keadaan perempuan memang belum seperti yang diharapkan. Tapi itu adalah tantangan untuk memperjuangkannya...

0 komentar:

 

bunga rumput Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino