Friday, December 27, 2013

Hari Ibu (Perempuan) dan Setahun Menjelang Berakhirnya MDGs

1

Tulisan ini sedianya ingin saya posting tepat tanggal 22 Desember, namun ternyata karena beberapa hal, tulisan ini belum juga selesai dan tidak bisa diposting sesua rencana. Anyway, tidak masalah karena intinya toh juga akan dipublish tinggal perkara waktu saja yang berbeda.


Hari Ibu di Indonesia yang biasa diperingati tanggal 22 Desember, memiliki esensi yang berbeda dengan hari ibu di banyak negara. Bagaimana tidak, dilihat dari sejarahnya 85 tahun yang lalu tanggal 22 Desember merupakan saat dimana para perempuan aktivis di Indonesia melakukan kongres wanita (perempuan) I. Kongres yang diikuti 30 organisasi perempuan lokal dari 12 kota di Jawa dan Sumatera tersebut, merupakan tonggak penting dalam perjuangan pergerakan perempuan di Indonesia. Untuk pertama kalinya, muncul kesadaran perempuan Indonesia atas kepentingan yang berbeda dari rekan laki-laki serta pada saat itu pula perempuan Indonesia dapat berkumpul secara bebas dalam menentukkan kehendaknya. 

Meskipun pertemuan tersebut sangat bersifat java-centris, namun semua pesertanya memandang diri mereka sebagai orang Indonesia. Hal ini terlihat dari digunakannya bahasa Melayu dalam pelaksanaan pertemuan tersebut. Pertemuan yang dihadiri kurang lebih 1.000 orang, tentu saja merupakan suatu hal yang hebat pada masa itu. Bagaimana tidak, dengan kondisi transportasi pada saat itu serta tradisi yang mengukung perempuan, hadirnya para aktivis perempuan di Yogyakarta dalam kongres Perempuan Pertama adalah suatu perjuangan yang luar biasa. Terkait dengan kongres ini, bahkan ada yang mengatakan "Orang perempoean sadja kok mengadakan Congres, jang hendak diremboeg disitoe itoe apa!"

Beberapa topik yang diangkat terkait dengan permasalahan perempuan antara lain kedudukan perempuan dalam perkawinan; perempuan yang ditunjuk, dikawin dan diceraikan di luar kemauannya; poligami; dan pendidikan untuk anak perempuan. Meskipun terjadi perdebatan dalam kongres tersebut, namun semua peserta sepakat bahwa perempuan harus maju. Kongres tersebut kemudian memutuskan (wartafeminis.com):
  • untuk mengirimkan mosi kepada pemerintah kolonial untuk menambah sekolah bagi anak perempuan;
  • pemerintah wajib memberikan surat keterangan pada waktu nikah (undang-undang perkawinan), dan segeranya diadakan peraturan yang memberikan tunjangan kepada para janda dan anak-anak pegawai negeri Indonesia;
  • memberikan beasiswa bagi siswa perempuan yang memiliki kemampuan belajar tetapi tidak memiliki biaya pendidikan, lembaga itu disebut studie fonds;
  • mendirikan suatu lembaga dan mendirikan kursus pemberantasan buta huruf, kursus kesehatan serta mengaktifkan usaha pemberantasan perkawinan anak-anak;
  • mendirikan suatu badan yang menjadi wadah pemufakatan dan musyawarah dari berbagai perkumpulan di Indonesia, yaitu Perikatan Perkumpulan Indonesia (PPPI), yang bertujuan memberikan informasi dan menjadi mediator berbagai perkumpulan di dalamnya. 
Kongres perempuan ini kemudian memunculkan inisiatif para perempuan untuk mendirikan perkumpulan-perkumpulan yang bertujuan untuk membela dan melindungi hak kaum perempuan. Tidak salah jika kongres perempuan tersebut merupakan tonggak penting dalam sejarah gerakan perempuan di Indonesia. Karenanya, bagi saya pemaknaan hari ibu adalah pereduksian dari makna perjuangan perempuan di kala itu. Meskipun 85 tahun berlalu dari kongres perempuan I dilaksanakan, dalam konteks kekinian, hal yang dibicarakan tersebut masih relevan.

Lantas, apa hubungannya dengan MDGs? Sebagaimana yang kita tahu, bahwa MDGs memiliki 8 target pembangunan, yaitu menghapus kemiskinan dan kelaparan di dunia, mencapai level penddidikan dasar universal, memberdayakan perempuan dan mempromosikan kesetaraan gender, mengurangi angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, memastikan kelestarian lingkungan hidup, serta mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan. Negara-negara di dunia diharapkan mampu memenuhi target MDGs, hingga tahun 2015; artinya hanya tinggal 1 tahun menuju berakhirnya MDGs.

Mengkaitkan dengan peringatan hari perempuan dan juga menjelang berakhirnya MDGs, menarik rasanya untuk melihat bagaimana kondisi perempuan dan juga target MDGs yang terkait dengan perempuan serta keadilan gender.

bersambung...

1 komentar:

nina said...

saya sangat mencintai dan menyayangi ibu saya :)
thanks gan udah di sharing yah ..