Monday, August 24, 2009

Menjadi Pribadi Yang Ramah Lingkungan

0

Seberapa ramahkah anda terhadap lingkungan? Atau seberapa pedulikah anda terhadap kelestarian lingkungan? Atau apa yang telah anda lakukan untuk menyelamatkan lingkungan? Pertanyaan tersebut bukan untuk menghakimi, namun agar sejenak kita merefleksikan apa yang telah kita perbuat selama ini.

Wacana lingkungan rasa-rasanya telah menjadi wacana yang mendunia, dimana slogan-slogan untuk menyelamatkan lingkungan pun acap kali didengar, misalnya saja Go green, stop global warming, dan sebagainya. Namun sungguhkah kita telah mampu menjadi pribadi yang ramah lingkungan?

Menyelamatkan lingkungan menurut saya tidak saja diukur dari hal-hal yang sifatnya besar-besar, seperti menyelamatkan hutan yang gundul, menyelamatkan species yang langka, dan sebagainya. Pribadi yang ramah lingkungan akan merefleksikan apa yang menjadi pandangannya tentang 'ramah lingkungan' dalam usaha kesehariannya. Ini adalah kesadaran yang sesungguhnya menurut saya.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk lebih ramah terhadap lingkungan.

Mengurangi pemakaian plastik
Plastik merupakan jenis limbah yang sulit untuk diurai, padahal rasa-rasanya dalam kehidupan keseharian kita tidak bisa dilepaskan dari plastik. Setiap kali membeli sesuatu pasti sang penjual memberi kita kantung plastik. Karenanya, untuk mengurangi jumlah pemakaian kantung plastik, usahakan untuk membawa kantung plastik kemanapun anda pergi, sehingga ketika anda membeli sesuatu, anda menggunakan kantung plastik yang sudah anda bawa.

Bijaksana dalam pemakaian kertas
Sebagaimana yang kita tahu, bahwa kertas terbuat dari kayu. Ini berarti semakin banyak kertas diproduksi, semakin banyak pohon yang ditebang. Karenanya, perilaku bijaksana dalam pemakaian kertas harus dibiasakan dan menjadi gaya perilaku sehari-hari. Bagaimana tidak karena rasanya kertas adalah benda yang sering digunakan. Anda bisa menghitung berapa banyak pemakaian kertas anda dalam waktu satu hari

0 komentar: