Thursday, October 07, 2010

Pengalaman Menggunakan Internet Banking

0

Dulu saya tidak berpikir untuk memiliki internet banking, namun begitu meninggalkan Indonesia, terasa sekali keuntungannya. Apalagi untuk membayar beberapa tagihan. Sayang, karena waktu yang begitu mepet ketika kepergian saya di Indonesia, jadi belum sempat apply.

Salah satu bank yang saya miliki menawarkan fasilitas internet banking dengan pendaftaran melalui ATM atau online (via internet). Pilihan yang kedua pun saya lakukan, karena sangat mudah dan dapat saya lakukan dari sini. Namun ternyata sulitnya bukan main, dari sms password yang tidak kunjung sampai, hingga saya mengirimkan email berkali-kali ke customer servicenya. Kadang kemarahan membuat segala sesuatu cepat dibalas. Saya masih teringat betapa kesalnya saya ketika email yang mereka berikan ternyata (sepertinya) adalah email otomatis untuk kasus tersebut. Bagaimana tidak, karena jawaban yang diberikan tidak merujuk pada email yang saya tulis.

Akhirnya saya bisa juga apply, namun permasalahan ternyata masih mendera saya. Ketika saya login, ternyata password awal tidak bisa diganti. Dan ketika saya login kedua kalinya, password tersebut tidak bisa digunakan dan alhasil ID saya terkunci. Oh My GOd, apakah kesalahan di saya yang gaptek atau tekhnologinya yang terlalu canggih. Dan sekarang saya masih dalam proses untuk reset password, tentu saja dengan mengubungi pihak bank tersebut. Tentu saja, hal ini terkait dengan keamanan, namun dari kacamata nasabah, hal ini sangat menyulitkan.

Bank lain yang saya miliki juga menawarkan fasilitas internet banking, tapi untuk apply harus di tempat pertama membuka tabungan? Whats? Tentu saja, tidak akan saya lakukan, memangnya mereka mau membayar ongkos transportasi saya?

Di sini saya membuka account di sebuah bank. Pembukaan awalnya cukup murah dibandingkan di Indonesia (kalau tidak salah dulu untuk buka awal umumnya Rp 500.000,-). Namun demikian, jika anda menginginkan fasilitas ATM, anda harus membayar sejumlah uang, ini tentu saja berbeda dengan di Indonesia. Namun selanjutnya anda tidak perlu membayar administrasi ATM. Iseng, saya mencoba mendaftar internet banking bank ini. Ternyata, cukup mudah, anda bisa mendaftar online. Prosesnya sangat mudah dan ketika lupa password, juga tidak perlu menelpon bank tersebut. Mungkin inilah kemudahan yang ditawarkan bank tersebut, yang mengusung slogan easy bank, easy net, etc..


0 komentar: